top of page

Komputasi Modern

Pengertian Komputasi

Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dari inputan data dengan menggunakan algoritma. Teknologi komputasi adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Ia merupakan bagian spesifik komputer dari teknologi informasi.

Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut. Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi :

  • Akurasi (big, Floating Point)

Akurasi tentu merupakan masalah yang paling penting dalam memecahkan masalah. Karena itu pada komputasi modern dilakukan perhitungan bagaimana bisa menghasilkan satu jawaban yang akurat dari sebuah masalah. Tentu kita pernah mendengar tipe data floating point yang biasa digunakan untuk menyimpan data numerik dalam bentuk pecahan. Tipe data tersebut memiliki range penyimpanan numerik yang besar, sehingga dapat digunakan oleh komputer untuk melakukan komputasi yang akurat.

  • Kecepatan (dalam satuan Hz)

Manusia pasti menginginkan masalah dapat diselesaikan dengan cepat. Karena itu perhitungan masalah kecepatan adalah suatu hal yang penting. Komputasi harus dapat dilakukan dalam waktu yang cepat ketika mengolah suatu data. Sehingga perlu metode kecepatan untuk mengolah perhitungan dalam waktu singkat.

  • Problem Volume Besar (Down Sizzing atau parallel)

Data yang besar tentu membutuhkan suatu cara penyelesaian yang khusus. Karena data yang besar dapat menjadi masalah jika ada yang terlewatkan. Oleh karena itu digunakan metode Down Sizzing atau parallel pada komputasi modern untuk menangani masalah volume yang besar. Dengan metode ini data yang besar di paralelkan dalam pengolahnya sehingga dapat diorganisir dengan baik.

  • Modelling (NN & GA)

Modeling merupakan suatu hal yang penting dalam melakkan suatu perhitungan yang rumit. Bayangkan saja jika kita dihadapi dalam suatu masalah perhitungan yang banyak dan kompleks, tetapi tidak ada model matematika yang kita miliki. Perhitungan akan berjalan berantakan dan tidak akan mendapatkan hasil yang akurat. Maka dari itu komputasi modern membutuhkan modelling sebelum melakukan perhitungan.

Kompleksitas (Menggunakan Teori Big O)

Komputasi modern dirancang untuk menangani masalah yang kompleks, sehingga diterapkan pada komputer. Dengan menggunakan teori Big O, maka komputasi modern dapat melakukan dapat melakukan perhitungan untuk memecahkan masalah kompleksitas yang kerap dihadapi.


Komputasi Modern

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

  1. Akurasi (big, Floating point)

  2. Kecepatan (dalam satuan Hz)

  3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)

  4. Modeling (NN & GA)

  5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)


Karakteristik Komputasi Modern

Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :

  • Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.

  • Komputer-komputer terhubung ke jarinagn yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.

  • Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Jenis -Jenis Komputasi Modern

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :


1. Mobile computing

Mobile Computing atau komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS. Beberapa keterbatasan dan resiko dari mobile computing :

Kurangnya Bandwith akses internet pada peralatan ini umumnya lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel. Gangguan Transimisi, banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, medan dan jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat.


2. Grid computing

Grid Computing komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputer skala besar. Beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :

  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.

  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.

  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

3. Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.


Perbedaan

Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, seperti berikut :

  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.

  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.

  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.

  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.

Dampak Komputasi Modern

Dampak yang terjadi karena adanya komputasi modern :

Yaitu bagaimana manusia dapat mempermudah menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks menggunakan komputer. Salah satu contohnya yaitu Biometric. Biometric berasal dari kata Bio dan Metric. Kata bio diambil dari bahasa yunani kuno yang berarti Hidup sedangkan Metric juga berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti ukuran. Jadi, jika disimpulkan biometric berarti pengukuran hidup. Contoh teknik biometric yang berbeda, diantarannya

  • Pembacaan sidik jari/ telapak tangan (scanning)

  • Geometri tangan

  • Pembacaan retina/iris

  • Pengenalan suara

  • Dinamika tanda tangan

Dari penjelasan diatas bahwa analisa yang digunakan yaitu menagacu pada teknologi menganalisa karakteristik suatu tubuh (individu) dengan pendeteksian dan pengklasifikasian dari atribut fisik.

  • Komputasi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :

  • Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.

  • Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwith yang beragam

  • Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, biasa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Dari kegiatan komputasi modern dan pengaruh-pengaruh terhadap perubahan yang dapat membantu manusia dalam melaksanakan tugasnya dibutuhkan juga kemampuan terhadap sumber daya yang dapat memngembangkan tak lain orang yang dapat mengoperasikan/ mengembangkan komputasi modern tersebut. Karena dari ilmunya sendiri yang mempelajari tentang cara memecahkan masalah menggunakan ilmu fisika, matematika algoritma, komputer yang sangat membantu dalam pengimplementasian suatu bidang komputasi baik fisik maupun non fisik. Jadi harus mempunyai orang-orang yang ahli dalam bidangnya.


Contoh Website

Pada awal tampilan website, terdapat popup mengenai promosi yang sedang diselenggarakan dan dapat dinikmati oleh pengguna atau customer. Dengan demikian customer dapat dengan mudah mengetahui dan mengakses promosi yang disediakan oleh pihak JD.id.


Saat membuka website tersebut akan dihadapkan dengan interface seperti dibawah ini dimana terdapat berbagai pilihan terkait kategori, promosi, akses account, dan banyak lagi.

Pada tampilan header, terdapat field pencarian untuk barang-barang yang dibutuhkan oleh customer. Hal tersebut tentunya diharapkan dapat memudahkan user atau dalam hal ini customer untuk kemudian dapat menemukan berbagaibarang yang dibutuhkan.

Terdapat flash sale memberikan penawaran barang-barang dengan harga promosi kepada para pengguna, terdapat penerapan waktu yang secara otomatis count down. Hal tersebut bertujuan agar user dapat mengetahui waktu berakhirnya harga promosi terhadap barang yang ingin di pesan. Namun yang membedakan situs jual beli JD.id dengan Shoopi maupun buka lapak, dimana tidak terdapat pemberitahuan mengenai stok barang yang tersisa. Namun, ditampilkan dalam bentup presentasi dengan range 0 -100.

Terdapat pula pencarian popular dan produk terlaris, JD.id menginformasikan kepada user mengenai barang apa saja kah yang dapat dikategorikan sebagai barang favorite. Baik dari segi poongan harga maupun update barang baru.

Jika beranjak pada halaman detai prooduk. Terdapat harga normal beserta persentase potongan harga. Dimana jika diperhatikan, telah tertera total harga setelah dilakukan pemotongan dari diskon yang ditawarkan. Terdapat pula fasilitas cicilan yang beragam melalui 4 bank yang telah bekerja sama dengan pihak JD/id

Pada keranjang belanja, Perhitungan bahwa potongan harga tersebut. Sehingga, user dengan mudah mengetahui harga akhir dari barang tersebut dan harga sebelum barang mendapatkan diskon. Tidak hanya itu, total harga barang telah diakumulasi secara keseluruhan dan terdisplay pada Total Belanja.

Memiliki fitur perhitungan biaya kirim barang jika barang tersebut dikirimkan ke Jakarta Selatan, sehingga user tidak perlu mengira-ngira atau menghitung sendiri biaya yang dibebankan.



Referensi :

http://eprasetianti.blogspot.com/2019/03/softskill-komputasi-modern-shopee.html

https://faris6593.blogspot.com/2015/04/softskill-pengertian-komputasi-modern-dan-jenisnya.html

https://mamz.weebly.com/komputasi-modern.html

https://franswaysm.wordpress.com/2017/03/28/teori-komputasi-dan-komputasi-modern/



bottom of page